Share :

Paylater adalah sebuah inovasi dari perkembangan Finansial teknologi (Fintech). Paylater adalah sebuah konsep beli sekarang bayar nanti, karena kemudahan tersebut paylater banyak sekali diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan mengembangkan fitur paylater, beberapa perusahaan terkenal yang menggunakan dan mengembangkan fitur paylater seperti, GoPay Paylater, Ovo Paylater, Shopee Paylater, dan masih banyak lagi.

Semakin banyak perusahaan yang menggunakan fitur ini, tentunya akan semakin banyak juga penggunanya karena mampu mendorong daya konsumsi/daya beli masyarakat dan hal sekaligus juga mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

Baca juga :Bohong Atau tidak Berikut Ciri-cirinya

Namun, dibalik kemudahan fitur paylater hal in bisa menjadi ancaman bahkan bencana yang serius buat kamu yang salah menggunakannya atau berlebihan dalam penggunaanya, yang akhirnya akan membuat tagihan kamu menumpuk karena berlebihan dalam menggunakannya.

Yuk cegah ketagihan menggunakan Paylater dengan beberapa cara berikut ini.

1. Hapus aplikasi yang memiliki fitur Paylater

Seperti pepatah hal yang ampuh dalam menyembuhkan penyakit adalah menghindari yang menjadi sumber penyakitnya.

Jika kamu memiliki lebih dari satu aplikasi yang menyediakan fitur Paylater, hal yang harus kamu lakukan adalah buang beberapa dan hanya sisakan 1 aplikasi, lebih baik lagi kalo kamu bisa hapus semuanya untuk sementara waktu sampai kamu bisa mengatasi rasa ketagihanmu.

2. Mulai biasakan belanja secara Offline

Untuk menghindari rasa ketagihan kamu menggunakan fitur paylater saat berbelanja. Mulai sekarang kamu harus biasakan kembali untuk belanja offline atau datang langsung ke toko.

Jika kamu masih menggunakan belanja online atau e-commerce, kamu tidak akan pernah bisa move-on, karena saat ini situs e-commerce banyak sekali yang menawarkan fitur paylater agar kalian bisa belanja pada platform mereka.

3. Membayar dengan Debit online/COD

Jika kamu harus atau terpaksa belanja secara online karena pandemi atau kebutuhan mendesak lainnya, cobalah untuk tidak membayar belanjaan kamu dengan metode pembayaran via PayLater. Tapi coba pilih yang debit atau kalau bisa COD (cash on delivery).

4. Gunakan Paylater untuk pembelian cicilan

Agar penggunaan paylater tidak merusak finansialmu, manfaatkan fitur paylater untuk pembelian yang bisa dicicil hingga berbulan-bulan seperti 3-12 bulan.

Dengan adaya cicilan kamu akan lebih bisa untuk mengontrol penggunaan paylater yang kamu miliki, karena secara tidak langsung kamu mengetahui pengeluaran wajib kamu setiap bulannya.

Paylater tidak akan merusak keuangan

Secanggih apapu teknologi, tentunya memiliki dampat negatif apabila kita tidak menggunakannya dengan baik.

Paylater diciptakan untuk memudahkan kalian dalam melakukan pembelian atau pembayaran barang belanja, yang tidak memiliki cash.

Jadi apabila kamu masih memiliki cash yang cukup, ada baiknya kamu gunakan cash yang kamu memiliki untuk membayar barang belanjaan kamu.