Share :

 
Tentunya kita akan menikmati hasil dari semua kerja keras yang sudah dilakukan. Biasanya kita akan menikmati hasilnya untuk penuhi semua kebutuhan dan semua yang kita inginkan, jika semua itu bisa terpenuhi maka bisa disebut kita sudah dalam kondisi kaya.

Namun, banyak juga orang yang sudah bekerja keras dengan waktu yang lama namun tidak juga kaya.

Ternyata ada banyak hal yang membuat kita jadi susah kaya lho! Salah satunya adalah management uang yang tidak tepat dan masih banyak lagi.

Penasaran hal-hal apa saja sih, yang bikin kita jadi susah kaya? Yuk kita simak selengkapnya.

Baca juga Gaya Hidup Orang Yang Berharta

1. Gaya Hidup Boros

Hal ini sangat mempengaruhi management keuangan yang kita miliki, kondisi ini tentunya membuat kita jadi susah kaya dengan management keuangan yang buruk atau boros. Tentunya kita tidak dapat mengatur keuangan dan akhir nya habis begitu saja.

Gaya hidup boros ini bisa menimpa saja, jika kamu memiliki gaji pas-pasan Rp. 3 juta sampai Rp. 5 juta harus membutuhkan waktu lebih untuk menjadi kaya, kebayangkan gimana kalau boros.

Begitu juga sebaliknya, jika kamu sudah kaya tapi memiliki gaya hidup yang boros lama-kelamaan akan habis seiring berjalannya waktu.

2. Tidak Menabung

Kesalahan ini sudah sangat sering terjadi, bagi mereka yang memiliki penghasilan namun tidak memiliki tabungan.

Ada baiknya kamu harus bisa menyisihkan penghasilan sebanyak 20 persen - 30 persen untuk ditabung. Hal ini untuk mencegah penghasilan yang kamu miliki habis begitu saja, ingat menabung bukan berarti uang kamu hilang atau tidak bisa digunakan tentu saja apabila memiliki kebutuhan mendadak kita bisa menggunakan tabungan yang kita miliki.

Baca juga Gara-gara segelas kopi hitam tak diaduk

3. Tidak Belajar dan Cepat Memanfaatkan Peluang

Seseorang yang sukses secara finansial selalu melakukan ini: selalu belajar dan cepat memanfaatkan peluang. Dia akan selalu mencari informasi dan belajar dari berbagai sumber: media, buku, seminar hingga belajar dari pengalaman diri sendiri dan orang lain.

Selain itu faktor lain ialah cepat mengambil keputusan dan memanfaatkan peluang. Dengan terus belajar, mencari informasi, para orang kaya tidak hanya menunggu peluang itu datang menghampirinya, namun mereka mencari dan memanfaatkan peluang yang ada.

4. Negative Thinking

Salah satu penyebab seseorang tidak berkembang ialah memiliki pikiran negative (negative thinking). Negatif kepada dirinya maupun kepada orang lain sehingga tidak bisa bekerjasama dengan orang lain. Selain itu sifat ini cenderung melahirkan sikap pesimistis yang bisa menghambat seseorang untuk mencapai kekayaan.

Jangan heran jika kamu sulit menjadi kaya, karena kamu sendiri tidak yakin pada diri untuk mencapai kesuksesan finansial.

Rasa pesimistis akan menghambat kamu untuk berusaha lebih keras dan bangkit dari kegagalan yang dialami. Selain itu, kamu tidak memiliki inisiatif untuk mencoba hal baru yang dapat membuka peluang lebih baik.

5. Tidak Investasi

Hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi keuangan yang kita miliki, saat ini investasi menjadi salah satu fakto yang bisa membuat kita menjadi cepat kaya.

Saat ini sarana investasi sudah sangat mudah kamu bisa investasi pada instrumen finansial (deposito, obligasi ritel, reksadana) atau non finansial (emas, properti)

Namun, sebelum berinvestasi kamu harus belajar memahami untung dan rugi nya terlebih dahulu serta risiko yang akan terjadi juga ya.